Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah :
SMP Negeri 9 Jember
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/Genap
Materi : Segitiga dan Segiempat
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
I.
Standar
Kompetensi :
GEOMETRI
6. Memahami konsep segi empat dan segitiga
serta
menentukan
ukurannya
II.
Kompetensi
Dasar : 6.2 Mengidentifikasi
sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah
ketupat, dan layang-layang.
III.
Indikator :
1. Kognitif
Produk :
·
Menjelaskan pengertian jajar genjang dan trapesium
menurut sifatnya.
·
Menemukan kembali sifat-sifat jajar genjang
·
Menemukan kembali sifat-sifat trapesium
·
Menyelesaikan soal-soal yang berkaitan
dengan sifat-sifat jajar genjang dan trapesium
Proses :
·
Melakukan kegiatan matematis untuk
menjelaskan pengertian jajar genjang dan trapesium menurut
sifatnya.
·
Melakukan kegiatan matematis untuk
menemukan kembali sifat-sifat jajar
genjang
·
Melakukan kegiatan matematis untuk
menemukan kembali sifat-sifat trapesium
·
Melakukan kegiatan matematis untuk menyelesaikan
soal-soal yang berkaitan dengan sifat-sifat jajar genjang dan trapesium
2. Afektif
( Keterampilan
Sosial )
a. Mengembangkan
perilaku berkarakter, meliputi :
·
Jujur
·
Cermat dan teliti
·
Tanggung jawab
·
Menghargai
b. Mengembangkan
ketrampilan sosial, meliputi :
·
Bertanya
·
Berpendapat
·
Kerjasama
3. Psikomotor
Melakukan aktivitas menyelesaikan
soal latihan dengan tepat
IV.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Kognitif
·
Diberikan model bangun jajar genjang dan trapesium, siswa dapat
menjelaskan pengertian jajar
genjang dan trapesium menurut sifatnya.
·
Diberikan permasalahan yang berkaitan dengan
sifat-sifat jajar genjang. Siswa
diharapkan dapat mendefinisikan sifat-sifat jajar genjang dengan bahasa sendiri sehingga
akhirnya siswa dapat menemukan kembali sifat-sifat jajar genjang.
·
Diberikan permasalahan yang berkaitan dengan
sifat-sifat trapesium.
Siswa diharapkan dapat mendefinisikan sifat-sifat trapesium dengan bahasa sendiri sehingga
akhirnya siswa dapat menemukan kembali sifat-sifat trapesium.
· Diberikan
permasalahan yang berkaitan dengan sifat-sifat jajar genjang
dan trapesium. Siswa diharapkan dapat menyelesaikan
soal-soal yang berkaitan dengan sifat-sifat jajar genjang
dan trapesium
2.
Afektif
1)
Karakter
·
Dalam proses belajar, siswa
dilatih untuk memiliki karakter yaitu jujur. Jujur dalam mengerjakan tugas dengan sejujur-jujurnya sesuai
dengan kemampuan sendiri.
·
Dalam proses belajar, siswa
dilatih untuk cermat dan teliti. Dalam mengerjakan tugas yang diberikan
sebaiknya mengerjakannya tidak terburu-buru tetapi dengan cermat dan
teliti.
·
Dalam proses belajar, siswa
dapat melatih memiliki karakter yaitu tanggung jawab. Siswa diharapkan dapat
melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru.sebaik- baiknya, tidak meremehkan
tugas tersebut dan tidak membuat kesalahan
·
Dalam proses belajar, siswa
dapat melatih memiliki karakter yang menghargai yaitu siswa memperlakukan teman
atau guru dengan baik, sopan dan hormat, peduli dengan perasaan orang lain, dan tidak
pernah menghina teman atau mempermainkan guru maupun teman.
2)
Keterampilan Sosial
·
Dalam sebuah diskusi kelas, siswa
mengajukan pertanyaan secara aktif.
·
Dalam diskusi kelas, siswa secara aktif
memberikan ide atau pendapat.
·
Dalam proses pembelajaran di kelas,
siswa dapat bekerja sama dan saling menghargai antara sesama teman.
3.
Psikomotor
Melakukan
aktivitas menyelesaikan soal latihan dengan tepat
V.
Model
Pembelajaran
Model Pembelajaran :
Pembelajaran Langsung (ceramah)
Metode Pembelajaran : Diskusi
Kelompok
VI.
Materi
Prasyarat
Materi prasyarat yang seharusnya
dikuasai siswa sebelum belajar kompetensi dasar ini adalah siswa sudah memahami materi tentang garis dan sudut, jenis-jenis sudut,
cara menghitung besar sudut, kesejajaran garis, dan segitiga.
VII.
Materi
Pembelajaran
1. Pengertian
Jajar genjang dan Trapesium
Jajar genjang adalah bangun datar segi empat yang memiliki dua
pasang sisi sejajar
Persegi adalah bangun datar segi empat yang memiliki sepasang sisi sejajar
2. Sifat-sifat
Jajar genjang
a. Sisi-sisi
yang berhadapan sama panjang dan sejajar.
b. Sudut-sudut
yang berhadapan sama besar.
c. Diagonal-diagonalnya
saling membagi dua sama panjang atau saling memotong ditengah.
d. Jumlah
sepasang sudut yang berdekatan 1800.
3. Sifat-sifat
Trapesium
a. Memiliki sepasang sisi sejajar
b. Jumlah
sepasang sudut yang berdekatan 1800.
VIII. Proses Belajar Mengajar
Tahap
|
Aktivitas Guru
|
Aktivitas Siswa
|
Karakter/keterampilan sosial
dan psikomotorik
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Memberi
salam dan memulai pembelajaran.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran, memotivasi dan memfokuskan siswa untuk belajar, serta melakukan tanya jawab secara lisan mengenai materi
jajar genjang dan trapesium
|
·
Menjawab salam.
·
Mendengarkan dan memperhatikan
penjelasan guru serta menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
|
Dengan
kegiatan ini siswa dilatih untuk toleransi.
Dengan
kegiatan ini siswa dilatih untuk toleransi.
|
1
menit
4
menit
|
Inti
|
· Menyampaikan informasi tentang pokok-pokok materi yang akan
dipelajari.
· Meminta siswa untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 5-6 orang.
· Membagikan lembar kerja siswa yang akan dikerjakan secara berkelompok
dan menjelaskan langkah-langkah kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa.
· Berkeliling untuk membimbing dan membantu setiap kelompok dalam
melakukan kegiatannya.
· Membahas hasil diskusi bersama siswa.
|
·
Memperhatikan penjelasan guru dan mengajukan pertanyaan
bila ada yang kurang
paham
·
Membentuk kelompok dan berkumpul bersama teman
kelompoknya.
·
Mendengarkan penjelasan guru dan mengajukan
pertanyaan bila ada yang kurang jelas.
·
Mengerjakan lembar kerja siswa yang telah dibagikan
bersama teman kelompoknya dan meminta
bimbingan kepada guru jika mengalami kesulitan.
·
Membahas hasil diskusi bersama guru.
|
Dengan
kegiatan ini siswa dilatih untuk toleransi dan rasa ingin
tahu.
Dengan
kegiatan ini siswa dilatih untuk toleransi dan kreatif.
Dengan
kegiatan ini siswa dilatih untuk toleransi dan rasa ingin tahu.
Dengan
kegiatan ini siswa dilatih untuk teliti, kreatif, pantang
menyerah, dan rasa ingin tahu.
Dengan
kegiatan ini siswa dilatih untuk teliti, kreatif, pantang
menyerah, dan rasa ingin tahu.
|
15
menit
3
menit
3
menit
25
menit
20
menit
|
Penutup
|
· Bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah dilakukan.
· Meminta siswa untuk mempelajari materi pada pertemuan selanjutnya
yakni luas dan keliling jajar genjang
dan trapesium
· Mengakhiri pembelajaran dan memberi salam
|
·
Bersama guru menyimpulkan hasil
pembelajaran yang telah dilakukan.
·
Mendengarkan penjelasan guru dan
mengajukan pertanyaan bila ada yang kurang jelas.
·
Menjawab salam
|
Dengan
kegiatan ini siswa dilatih untuk toleransi dan kreatif.
Dengan
kegiatan ini siswa dilatih untuk toleransi.
Dengan
kegiatan ini siswa dilatih untuk toleransi.
|
7
menit
1
menit
1
menit
|
IX.
Sumber Pembelajaran
1.
Buku
Sekolah Elektronik “Matematika Konsep dan Aplikasinya” Untuk Kelas VII SMP dan
MTs Karangan Dewi Nuharini dan Tri Wahyuni.
2.
Lembar
Kerja Siswa (LKS)
Jember, 16
Mei 2012
Mahasiswa/Praktikan,
Mauhibatul Khoroid
NIM. 080210101063
Mengetahui
Guru Pamong,
Suroso Untung,
S. Pd
NIP. 19570727 198902 1 002
|
Dosen Pembimbing,
Dr. H. Hobri, M. Pd
NIP. 19730506199702 1 001
|
Kepala
Sekolah,
Drs.
Suhastono, M.Si.
NIP. 19590314 198603 1 016
0 comments:
Post a Comment