Banyak selaki faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap hasil belajar siswa sekolah. Slameto, ahli di dalam pembelajaran, membagi faktor-faktor yang
mempengaruhi hasil belajar dengan dua golongan, yaitu faktor intern dan faktor
ekstern. Faktor intern adalah faktor yang ada dalam diri individu yang
sedang belajar, sedangkan faktor ekstern adalah faktor yang ada di luar
individu.
Faktor-faktor intern
terdiri atas :
1) faktor
jasmaniah, meliputi : faktor kesehatan dan cacat tubuh;
2) faktor
psikologi, meliputi : intelegensia, perhatian, minat, bakat, motif kematangan,
dan kesiapan;
3) faktor
kelelahan, meliputi : kelelahan jasmaniah dan kelelahan rohaniah.
Sedangkan
faktor ekstern terdiri atas :
1) faktor
keluarga, meliputi : cara orang tua mendidik anak, relasi antar anggota
keluarga, suasana rumah, keadaan ekonomi keluarga, pengertian orang tua dan latar
belakang kebudayaan;
2) faktor
sekolah, meliputi : metode mengajar, relasi guru dan siswa, standart pelajaran
diatas ukuran, keadaan gedung, metode pembelajaran, dan tugas rumah;
3) faktor
masyarakat, meliputi : kegiatan siswa dalam masyarakat, mass media, teman
bergaul, dan bentuk kehidupan masyarakat.
Dari
pendapat di atas dapat diketahui bahwa yang mempengaruhi hasil belajar siswa
adalah siswa itu sendiri dan lingkungan sekitarnya. Peranan guru sangat penting
dalam kegiatan belajar mengajar (KBM), yaitu sebagai ujung tombak dalam KBM,
guru harus mampu memilih metode mengajar yang tepat bagi siswa yaitu yang dapat
mengajak siswa aktif dalam KBM. Dalam penelitian ini faktor-faktor yang
diperhatikan adalah faktor psikologis yaitu bakat dan minat siswa terhadap
pelajaran matematika dan faktor sekolah yaitu strategi belajar mengajar yang
digunakan oleh guru.
0 comments:
Post a Comment